Posted by : Unknown Minggu, 07 April 2013


Siapa yang pengen kaya,,,? Kayaknya semua orang pengen ya, kecuali yang ada pengecualiannya.

Bagi yang pengen kaya nich ya, kamu percaya gak kalo nulis tuh ternyata bisa bikin kaya? Soalnya aku pernah baca bukunya mba ato ibu Helvy Tiana Rosa yang judulnya “Menulis Bisa Bikin Kaya”.

Dia ngasih contoh dari adeknya Asma yang juga penulis. Katanya Asma udah nulis lebih dari 30 buku, dan buku-bukunya laku. Nah, dari buku itu, per-3 bulan, paling sial dia bisa nerima sepuluh juta rupiah. Itu paling sial lho ya…! Kemudian Hilma Lupus, katanya lagi, dari awal Lupus terbit sampe lima tahun kemudian, Hilma telah dapet royalti sebanyak delapan ratus juta lebih.
Kaya gak tuh…?

Padahal cuma nulis lho…! Bisa ngasilin uang.

Makanya kalo kamu mau kaya, and berhubung kamu juga punya potensi dan keahlian tuk nulis, ya nulis aja. Apa pun bisa kamu jadikan tulisan. Meskipun kamu hanya nulis resep masakan saja, trus kamu kirim ke majalah resep, bisa dapat uang juga tuh.

Tapi itu tadi kalo kita pandang nulis itu bisa bikin kaya dari pandangan kata “kaya” itu secara materi. Kan kita gak melulu nyari materi nich ya.

Kalo “kaya” itu kita artikan kaya secara jiwa, kaya pengetahuan, kaya hati, kaya informasi, ato kaya pemikiran, maka makna kaya itu akan lebih terasa lagi. Karena kalo kita nulis, berarti kita nyampaikan pemikiran kita kepada orang lain. Dan itu so pasti hanya bisa dilakukan oleh orang-orang kaya saja, yang makna kayanya tadi tidak secara materi. Mana mungkin orang akan bisa nulis kalo gak ada yang dia punya untuk ditulisin dalam bentuk tulisan?

Apalagi kalo kita udah banyak baca buku, maka sekarang saatnya mencoba tuk memulai nulis. Jadi gak selamanya kamu hanya menjadi konsumen aja. Harus jadi produsen juga donk bagi kunsumen-konsumen baru dan yang akan datang. Ya, hitung-hitung buat ngembangin potensi nulis kamu juga kan…?!?

Ali bin Abi Tholib pernah berucap: “Ilmu itu bagaikan binatang buruan, maka tulisan adalah ikatannya.”

Nah tuh, kalo kamu nulis apa yang telah kamu baca, seenggak-enggaknya kan kamu udah nyimpan ato ngikat ilmu kamu tadi biar gak kabur. Bukannya kita gak percaya pada kemampuan otak kita tuk mengingat dan menghapal sich, tapi tujuannya di sini adalah untuk membantu dan memudahkan kita dalam mengingat apa-apa yang udah tersimpan dalam otak kita. Apalagi kemampuan otak kian tua juga kian menurun kan.

Nulis itu kan juga merupakan bakat. Tapi bakat ini dimiliki setiap orang. Dengan kata lain semua orang pasti bisa nulis. Namun sebabnya kenapa ada pembedaan antara penulis dan bukan penulis adalah orang itu mau ngembangin tulisannya apa gak? Dan sebenarnya pengembangan bakat nulis itu hanya pengembangan dari tulisan kita yang biasanya kita tulis untuk konsumsi kita sendiri ato pribadi, menjadi tulisan yang bisa dinikmati dan penting dibaca oleh orang umum.

Dan bagi temen-temen ikhwan dan akhwat yang pendakwah sejati, kalian juga bisa berdakwah lewat tulisan kok. Bahkan kalo menurut ana ni ya, cara dakwah dengan tulisan ini lah yang sangat efesien di zaman sekarang ini. Mengingat kemajuan teknologi dan modernisasi yang sangat pesat sekarang ini. Teknologi penulisan tidak pernah ketinggalan, malah terus berkembang. Masyarakat juga banyak yang suka baca kok. Jadi berdakwah lewat tulisan aja. Mungkin udah banyak juga sich yang ngelakuinnya. Tapi kan ana cuma bilang faqot…!    

Nulis tu emang butuh skill juga sih, terutama dalam perangkaian kata dalam kalimat, gaya bahasa, dan tantu saja adalah ide dan pokok pikiran yang akan kita muat dalam tulisan kita. But, that’s no problem. Itu semua bukan hal yang mustahl tuk dikerjain. Sekarang kitanya yang mau memulai nulis apa gak? Kitanya yang mau berjuang tuk bisa nulis apa gak? Coz, nulis itu juga perjuangan lho.

Kata Helvy Tiana Rosa lagi ni ya: “Saya adalah orang yang sangat percaya bahwa semua orang bisa menjadi penulis.”

Namun tuk jadi seorang penulis itu emang butuh latihan terus. Walau kita udah bisa nulis cerpen misalnya, maka nulis cerpen kita itu harus kita latih terus. Jangan puas hanya satu, dua, tiga cerpen tuk jadi penulis cerpen. Sama halnya seperti orang yang kepengen jadi pemain basket yang huebat, maka harus sering megang bola basket terus donk. Maksudnya bukan cuma megangin doank, tapi harus banyak di lapangan basket. Maksudnya juga bukan cuma ada di lapangan basket doank, tapi harus sering latihan dan main.

Kalo masalah inspirasi, itu mah bisa kamu dapat dari apa dan mana saja. Selama apa yang kamu lihat, dengar, rasakan, baca, pahami, maupun yang kamu alami itu, bener-bener kamu pikirkan buat ditulis. Percaya gak? Percaya gak percaya percaya aja deh! Kalo gak percaya juga, silahkan mencoba!

Untuk latihannya bisa aja dimuali dari nulis buku harian. Kejadian apa aja yang kamu alamin dihari itu, langsung kamu dokumentasikan lewat tulisan dalam buku harianmu. Trus juga bisa dengan nulis-nulis puisi, mengungkapkan isi hati. So, juga bisa dengan trik aku nih, bila kamu udah membaca buku ato artikel ato apa lah, kamu coba tulis ulang dengan rangkaian kata-katamu sendiri. Dengan gitu ilmu yang udah kamu dapat tadi semakin melekat tuh.

Kemudian kamu juga bisa beranjak tuk nulis di blog. Sekarang kan zaman udah maju. Media gampang diakses. Mengapa gak kita gunain? Ya gak? Kamu bikin aja blog, dengan sendirinya kamu akan merasa tertuntut tuk selalu ngisi blog loe itu. Tuk ngisi blog tentunya dengan nulis kan. Seperti yang udah aku coba juga tuh.

Dan selanjutnya mungkin bisa aja kamu kembangin tulisan kamu itu buat di media masa, seperti di buletin-buletin, majalah, koran, ato bahkan kamu mau nyoba bikin buku. Wah, lebih bagus lagi tuh…! Why not?

Udah deh, pokoknya nulis aja. Oke?

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Katalog

Arsip

Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Notes of Sadzali -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -